Selasa, 01 Juli 2008

Berpidato Tanpa Demam Panggung

Berbicara di depan umum menjadi pekerjaan yang paling dihindari banyak orang. Alasannya, takut malu-maluin atau tidak kuat menahan serangan demam panggung. Kian penting materi pidato, kian gemetar pula seluruh badan.

Berikut ini ada beberapa tips , agar tidak mengalami demam panggung dan pidato penting yang Anda sampaikan pun bisa berjalan dengan lancar.

1. BUATLAH PENDEK. Jangan berpidato terlalu lama dan berpanjang-panjang, karena akan membuat pendengar merasa bosan. Sesuaikan durasi pidato dengan konteks permasalahan.

2. BUATLAH SEDERHANA. Pendengar akan menangkap satu atau dua dari semua ide yang Anda sampaikan. Bukan sepuluh atau dua puluh. Jika Anda tidak bisa mengekspresikannya dalam satu dua kalimat yang sederhana dan mudah untuk dimengerti , pidato akan menjadi tidak fokus.

3. BERSIKAPLAH REALISTIS. Anda diminta berpidato karena memiliki pengalaman yang tidak dimiliki oleh pendengar. Berbagilah pengalaman tersebut,dan buatlah mereka juga merasakan apa yang Anda rasakan.

4. MENARIK PERHATIAN KHALAYAK. Pada menit-menit pertama berpidato, jalinlah hubungan dengan pendengar. Lakukanlah interaksi. Tersenyumlah atau menganggukpada moderator. Tunggulah, jangan memulai pidato , sampai Anda mendapat perhatian semua orang. Kemudian, lakukanlah kontak mata, tebar pandangan dengan penuh keyakinan ke arah kiri, kanan, dan tengah ruangan.

5. BICARALAH, BUKAN MEMBACA. Jika Anda berbicara, akan jauh lebih komunikatif dan “hidup” ketimbang membaca skrip / naskah. Ada baiknya menggunakan catatan kecil untuk membantu mengingat apa yang akan Anda sampaikan.

6. RILEKS. Jangan terlalu sering mengambil nafas dalam-dalam atau bernafas terlalu cepat. Ingat, audience bisa melihat ketegangan Anda. Dan ini dapat mengurangi fokus dari pidato yang Anda sampaikan.Bersikaplah santai, dan bernapas sewajarnya, agar diri Anda tetap dalam ketenangan. Posisikan diri Anda sedang berbicara dengan teman sejawat Anda , bukan pada audience.

7. ISTIRAHAT CUKUP, MAKAN CUKUP. Istirahatlah yang cukup, tidak perlu bergadang. Makanlah yang cukup untuk menghindari naiknya kadar asam lambung yang dapat dipicu oleh tingkat stress.

8. BERPENAMPILANLAH YANG MENARIK. Ini merupakan nilai tambah bagi Anda. Setidaknya jika penampilan baju dan aksesoris Anda menarik, mata audience “dipaksa” untuk melihat Anda bukan?

Well, kini berpidato sama mudahnya dengan melangkahkan kaki, bukan? Selamat mencoba ya. Semoga bermanfaat.

0 komentar: