Selasa, 08 Juli 2008

Persiapan sebelum pidato

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berpidato, yaitu :
* Menentukan tema dan menyempitkan tema pembicaraan. Pembicara perlu meyempitkan tema pembicaraan yang terlalu luas dan disesuaikan dengan kemampuan pembicara
* Menentukan tujuan pidato. Apakah menyampaikan informasi, menghibur, atau mempengaruhi pendengar.
* Menganalisis suasana pendengar. Pembicara harus mengetahui suasana / medan pidato, di dalam ruangan / di lapangan, menggunakan pengeras suara / tidak, dilaksanakan pada waktu siang, sore, atau malam hari, serta usia, pendidikan dan pekerjaan pendengar.
* Mempersiapkan dan mengumpulkan bahan. Pembicara dapat mencari bahan dari buku, artikel, ensiklopedi, wawancara dengan tokoh, dan lain-lain.
* Menyusun kerangka. Agar pidato dapt disajikan secara sistematis, materi pidato harus disusun menjadi kerangka yang mudah dkembangkan menjadi materi pidato. Kerangka disusun mulai dari bagian pendahuluan, isi, dan penutup.
* Mengembangkan kerangka pidato. Kerangka yang sudah disusun kemudian dkembangkan menjadi materi pidati yang siap disajikan.
* Latihan dengan suara nyariang. Bahan pidato yang telah disiapkan perlu dipraktekkan dalam latihan dengan suara nyaring. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dan melatih intonasi, ekspresi, dan volume suara dengan baik.

2 komentar:

hallseyquesada mengatakan...

4x8 sheet metal prices near me | TITanium Art
The YAO4C has a top quality stainless steel plate for securing to the edge of titanium frames the titanium canteen plate. titanium nitride gun coating The plates let you easily ceramic vs titanium grasp the babyliss pro nano titanium angle of the metal.

sippa mengatakan...

ja876 mountain warehouse backpacker tent,nike skor dam,xn--stoneislandmxico-mqb,nikenorge,xn--conversetrkiye-osb,rab slaapzak,gill marine tool,zavettinederland,mackage jacket canada hp450